Whatsapp : +62853 2051 5009

“Muslimah Berdaya, Muslimah Inspiratif”

Raisa Aribatur Hamidah seorang Atlet basket muslimah berhijab pada masa kejayaanya :

Mewakili Indonesia di ajang 3×3 FIBA World Championship di Cina
Juara 1 WIBL & WNBL bersama club Surabaya Fever
First team WNBL 2014
Juara 1 LibamaNas bersama kampus Univ.Airlangga (pemain trbaik & best assist)
Pemain terbaik putri wilayah Indonesia Timur d ajang Campus League d Surabaya

Ketertarikan d bidang olahraga, karena ada hobi & bakat sejak kecil. Akhirnya fokus pada bidang bola basket, karena saat itu kelas 2 SMP ada rekrutmen pemain basket lokal, oleh Club Sahabat Ponorogo. Sebelumnya hampir semua cabang olahraga saya coba. Ketertarikan pada basket, karena pada saat itu kompetisi basket bergengsi & jenjang nya prospektif banget untuk kedepan.
Saya tetap berjilbab, karena dari kluarga sudah dididik demikian. Apapun kegiatannya tetap harus memakai jilbab, karena merupakan kewajiban seorang muslimah. Sekolah, bepergian, bermain dan termasuk berolahraga. Faktor utama, adalah dukungan keluarga. Kondisi adalah faktor eksternal, yg menurut saya cukup kita kasih bukti aja.

Yang dilakukan bagi seorang pemain basket yg berjilbab harus berpegang teguh pada apa yg menjaid kodrat manusia. Dalam hidup, kewajiban kepada Allah adalah yang utama, kemudian berusaha keras, berlatih & bersabar . Kalau sudah seperti itu, kita sering mendengar: “hasil tidak pernah mengkhianati proses” kan? Nah..insya Allah masing-masing akan punya kdsempatan yang sama untuk sukses.

Secara umum, olahraga sangatlah bermanfaat, bahkan merupakan suatu kebutuhan dalam hidup. Dengan olahraga aktivitas menjadi seimbang, antara pikiran-badan, otak kanan-kiri, kesibukan-hiburan, permasalahan-kesenangan.
Yang paling berkesan saat bertanding adalah ketegangan & problem yang timbul d tengah-tengah game yang tidak bisa diprediksi saat menang ataupun kalah, pasti menimbulkan kesan & pelajaran yg berarti.

Sukses meraih juara sbenarnya bukanlah kesuksesan yg sejati, Juara adalah bonus.  Sukses adalah bisa membuat orang lain juga sukses dalam keseluruhan aspek kehidupan
Contoh dalam basket : bisa mendidik untuk menyelesaikan masalah pribadi, stress, kebosanan, iri/dengki terhadap prestasi teman, kedewasaan, kebijaksanaan, dan tentunya kekompakan & kerjasama tim. Bener-bener belajar hidup lah dari basket ini.

Kak Raisa seorang atlet basket pernah mengalami blacklist 2x selama perlombaan basket,  Memang merupakan peraturan resmi dari FIBA (Federasi Internasional Basketball Association) untuk alasan keamanan. Jadi unsur pelarangan bukan semata-mata karena diskriminasi kepada kepercayaan tertentu. Tapi karena pemakaian penutup kepala mayoritas adalah muslimah, jadi isu yang beredar bisa bermacam-macam. Alhamdulilah kami bisa meyakinkan FIBA, bahwa dengan berjilbab juga aman untuk bermain basket.

Tips dan pesan untuk para atlet atau calon atlet Muda yg ingin meraih penghargaan baik Nasional maupun Internasional

Berpegang teguh kepercayaanmu ,yakin akan janji Allah, talk less do more.
Bahwa jilbab tidak lah berbahaya
Jilbab bukanlah halangan
Seperti layaknya HP kesayangan yang kamu belikan casing
Begitulah Islam melindungi wanitanya yang berharga
Harga dunia ini,tidaklah sebanding dengan jilbabmu
Islam tdk menjanjikan mudah,
Tp Islam menjanjikan indah.

 

Narasumber : Raisa A Hamidah, Atlet Basket

Leave a Reply

Close Menu